Contoh Proposal Kewirausahaan (KUD)

Posted by Mulyandaru Trianto Monday, April 13, 2015 0 komentar
>

Proposal "KUD (Kegiatan Usaha Distro)"

PROPOSAL
KEGIATAN USAHA DISTRO
“RAYENDAR

Dosen: Drs. H.M. Suhadi, M.M.


Oleh :
Mulyandaru Trianto
0110110404
Semester VI

SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI “AAN”
YAYASAN NOTOKUSUMO
YOGYAKARTA
2014

PROPOSAL KEGIATAN USAHA DISTRO
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas pada mata kuliah kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.

Yogyakarta, 09 Juni 2014
Penyusun

Mulyandaru


BAB I
PENDAHULUAN
Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan yang menjual berbagai aneka pakaian serta fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera masyarakat Yogyakarta, khususnya untuk kaum remaja.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1) Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2) Menyediakan kebutuhan fahion bagi masyarakat, supaya lebih mudah
3) Mengurangi tingkat pengangguran,
4) Menjalin persahabatan antara pelanggan, dan
5) Mendapatkan keuntungan atau laba.

Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat.
Daerah sekitar Perumahan ini sangat tepat untuk membuka usaha distro, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.
Rayendar Distro didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak & cirri khas Indonesia.

Visi dan Misi
Visi
Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi
Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
Motto
Rayendar Distro : “The Satisfied Of Customers Is Number One”

BAB II
KEGIATAN USAHA
Konsep Promosi
Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis Rayendar distro akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.
Target Pelanggan
Target pelanggan Distro ini adalah : anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.
Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat pada saat ini sangat besar.
Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha distro ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.
Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Distro Rayendar membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha distro ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha distro lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari distro, akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan distrountuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

BAB III
RENCANA PEMASARAN
Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya. 

Tabel Harga Produk
NO.
Jenis Produk
Harga
1.
Kemeja
> Rp. 120.000,-
2.
Kaos
> Rp.   90.000,-
3.
Jeans
> Rp. 180.900,-
4.
Gaun
> Rp. 235.800,-
5.
Krudung
> Rp.   69.900,-
6.
Rok
> Rp. 109.900,-
7.
Jaket
> Rp. 199.900,-
8.
Aksesoris
Rp. 24.500,- s.d Rp. 78.900,-

Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya. 
Strategi Promosi yang akan dilakukan 
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
·         Membuat pamphlet-pamflet berisi produk-produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
·         Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
·         Membuat catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di distro.

BAB IV
PERENCANAAN PERMODALAN
Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian Rayendar Distro yaitu dari pemilik distro sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan.
Neraca Permulaan Perusahaan
Biaya produksi per tahun terdiri dari:
1.      Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior                   Rp.   20.000.000,-
Kulakan baju grosir                                       Rp. 600.000.000,-
Biaya Soft Opening dan Promosi awal           Rp.     5.000.000,-
Biaya gaji karyawan tahun pertama                Rp.   60.000.000,-
Jumlah Modal Produksi                            Rp. 685.000.000,-
2.      Biaya lain-lain
Listrik                                                             Rp.   12.000.000,-
Asuransi                                                         Rp.   11.000.000,-
Transportasi                                                     Rp.     6.500.000,-
Administrasi                                                     Rp.     4.500.000,-
Pajak                                                               Rp.     2.750.000,-
Pemeliharaan gedung dan peralatan                  Rp.     6.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain                                   Rp.   42.750.000,-

Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi                                   Rp. 685.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain                                      Rp.   42.750.000,-
Total                                                             Rp. 727.750.000,-

Proyeksi Aliran Kas
Untuk distro kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk distro kami ini, akan mampu menjual sekitar 950 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke  3, 4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar daerah.
Perencanaan Laba Rugi
Biaya tetap
1.      Penyusutan gedung dan peralatan                     Rp.     7.000.000,-
2.      Gaji pegawai                                                   Rp.   60.000.000,-
Jumlah                                                                Rp.   67.000.000,-
Biaya variable/ produksi
Kulakan baju grosir                                           Rp. 600.000.000,-
Biaya-biaya lain :
1.      Listrik                                                             Rp.   12.000.000,-
2.      Asuransi                                                          Rp.   11.000.000,-
3.      Transportasi                                                     Rp.     6.500.000,-
4.      Administrasi                                                    Rp.     4.500.000,-
5.      Pajak                                                              Rp.     2.750.000,-
Total Modal produksi                                         Rp.   36.750.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)                 
Jumlah Biaya Tetap                                                     Rp.   67.000.000,-
Jumlah Kulakan baju grosir                                         Rp. 600.000.000,-
Jumlah Total Modal produksi                                      Rp.   36.750.000,-
Jumlah Total modal                                                 Rp. 703.750.000,-

Pendapatan
Penjualan aneka pakaian dan fashion                         Rp. 960.000.000,-
TOTAL PENDAPATAN                                        Rp. 960.000.000,-

PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan                                                      Rp. 960.000.000,-
Total modal / Pengeluaran                                          Rp. 703.700.000,-
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH                       Rp. 256.300.000,-

BAB V
PENUTUP
Kesimpulan
Harapan saya untuk usaha “Distro” ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Setelah melaksanakan usaha ini, kami dapat mengambil kesimpulan :
1.      Seorang pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
2.      Sebelum membuka usaha, seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen tujuan dan sasaran yang akan dituju.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Contoh Proposal Kewirausahaan (KUD)
Ditulis oleh Mulyandaru Trianto
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://rayendar.blogspot.com/2015/04/proposal-kud-kegiatan-usaha-distro.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Template Design by RAYENDAR