Proposal "KUD (Kegiatan Usaha Distro)"
PROPOSAL
KEGIATAN USAHA DISTRO
KEGIATAN USAHA DISTRO
“RAYENDAR”
Dosen: Drs. H.M. Suhadi, M.M.
Oleh
:
Mulyandaru
Trianto
0110110404
Semester
VI
SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI
“AAN”
YAYASAN NOTOKUSUMO
YOGYAKARTA
2014
PROPOSAL KEGIATAN USAHA DISTRO
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan
hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak
nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang
memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga
oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan
tepat waktu.
Adapun
maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu
tugas pada mata kuliah kewirausahaan.
Dalam
proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan
materil dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan
cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan
terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang
telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Segala
sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar
datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski
begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala
saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi
perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat
khususnya bagi kami dan bagi pembaca lain pada umumnya.
Yogyakarta, 09 Juni 2014
Penyusun
Mulyandaru
BAB I
PENDAHULUAN
Informasi
tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan
kami bergerak di bidang perdagangan yang menjual berbagai aneka pakaian serta
fashion yang pastinya uptodate dan cocok dengan selera masyarakat Yogyakarta,
khususnya untuk kaum remaja.
Sebelum
kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai
modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan
dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern
yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
Adapun
maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1)
Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2)
Menyediakan kebutuhan fahion bagi masyarakat, supaya lebih mudah
3)
Mengurangi tingkat pengangguran,
4)
Menjalin persahabatan antara pelanggan, dan
5)
Mendapatkan keuntungan atau laba.
Latar Belakang
Dengan
semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap
pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif
untuk membuka suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan
masyarakat.
Daerah
sekitar Perumahan ini sangat tepat untuk membuka usaha distro, karena hingga
saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang
memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.
Rayendar
Distro didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam bidang fashion
yang up to date tanpa melupakan corak & cirri khas Indonesia.
Visi dan Misi
Visi
Mitra
dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal
fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi
Memberikan
dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
Motto
Rayendar
Distro : “The Satisfied Of Customers Is Number One”
BAB II
KEGIATAN USAHA
Konsep Promosi
Membuat
sebuah display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari
pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain
itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa
dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis
on-line. Dengan cara ini kami optimis Rayendar distro akan lebih mudah dan
cepat dikenal oleh masyarakat.
Target Pelanggan
Target
pelanggan Distro ini adalah : anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh
fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang
memiliki ciri khas tertentu.
Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan
terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam
hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena
kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat pada saat ini
sangat besar.
Analisis Persaingan
Berdasarkan
pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami
dirikan usaha distro ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian
dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.
Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Distro
Rayendar membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang
terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini
dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat
masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat
kami. Karena segmen pasar usaha distro ini cenderung kemasyarakatan sehingga
hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha distro lainnya.
Pada
awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari distro, akan tetapi
dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan distrountuk memenuhi
kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan
pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
BAB III
RENCANA PEMASARAN
Penetapan Harga
Harga
yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh
masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami
tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang
ditawarkan. adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan
selanjutnya.
Tabel
Harga Produk
NO.
|
Jenis Produk
|
Harga
|
1.
|
Kemeja
|
> Rp. 120.000,-
|
2.
|
Kaos
|
> Rp. 90.000,-
|
3.
|
Jeans
|
>
Rp. 180.900,-
|
4.
|
Gaun
|
> Rp. 235.800,-
|
5.
|
Krudung
|
> Rp. 69.900,-
|
6.
|
Rok
|
> Rp. 109.900,-
|
7.
|
Jaket
|
> Rp. 199.900,-
|
8.
|
Aksesoris
|
Rp. 24.500,- s.d Rp. 78.900,-
|
Pelaksanaan Distribusi
Distribusi
yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak
mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati
konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan
yang sebanyak-bantaknya.
Strategi Promosi yang akan
dilakukan
Strategi
yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
·
Membuat pamphlet-pamflet berisi produk-produk
baru yang akan ditempel tiap bulannya.
·
Melakukan iklan-iklan di dunia internet
baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
·
Membuat catalog-katalog mengenai fashion
yang sedang uptodate di distro.
BAB IV
PERENCANAAN PERMODALAN
Sumber-sumber permodalan
Sebagai
sumber awal mula pendirian Rayendar Distro yaitu dari pemilik distro sendiri. Sebagai
investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan.
Neraca Permulaan Perusahaan
Biaya produksi per tahun terdiri
dari:
1.
Modal
Awal produksi
Renovasi
Awal & Desain Interior Rp. 20.000.000,-
Kulakan
baju grosir Rp.
600.000.000,-
Biaya
Soft Opening dan Promosi awal Rp. 5.000.000,-
Biaya gaji karyawan
tahun pertama Rp. 60.000.000,-
Jumlah Modal Produksi Rp. 685.000.000,-
2.
Biaya
lain-lain
Listrik Rp. 12.000.000,-
Asuransi Rp.
11.000.000,-
Transportasi Rp. 6.500.000,-
Administrasi Rp. 4.500.000,-
Pajak Rp. 2.750.000,-
Pemeliharaan gedung dan
peralatan Rp. 6.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 +
2)
Jumlah
modal produksi Rp.
685.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Total Rp.
727.750.000,-
Proyeksi Aliran Kas
Untuk
distro kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata
untuk distro kami ini, akan mampu menjual sekitar 950 lebih juta pertahun,
sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta
pertahun.
Sehingga,
pada tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke 3, 4 dan seterusnya, kami tinggal
mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar
daerah.
Perencanaan Laba Rugi
Biaya tetap
1. Penyusutan
gedung dan peralatan Rp. 7.000.000,-
2. Gaji pegawai Rp.
60.000.000,-
Jumlah Rp. 67.000.000,-
Biaya variable/ produksi
Kulakan baju grosir Rp.
600.000.000,-
Biaya-biaya lain :
1. Listrik Rp. 12.000.000,-
2. Asuransi Rp. 11.000.000,-
3. Transportasi Rp. 6.500.000,-
4. Administrasi Rp. 4.500.000,-
5. Pajak Rp. 2.750.000,-
Total Modal produksi Rp. 36.750.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
Jumlah
Biaya Tetap Rp. 67.000.000,-
Jumlah
Kulakan baju grosir Rp.
600.000.000,-
Jumlah Total Modal
produksi Rp.
36.750.000,-
Jumlah Total modal Rp.
703.750.000,-
Pendapatan
Penjualan
aneka pakaian dan fashion Rp.
960.000.000,-
TOTAL PENDAPATAN Rp.
960.000.000,-
PROYEKSI
LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total
Pendapatan Rp.
960.000.000,-
Total modal /
Pengeluaran Rp.
703.700.000,-
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH Rp. 256.300.000,-
BAB V
PENUTUP
Kesimpulan
Harapan
saya untuk usaha “Distro” ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan
maju. Setelah melaksanakan usaha ini, kami dapat mengambil kesimpulan :
1. Seorang
pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk kepentingan
orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
2. Sebelum
membuka usaha, seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen tujuan dan
sasaran yang akan dituju.
No comments:
Post a Comment